Kamis, 19 Maret 2015

Kamu Tahu Gak Siapa Orang-Orang Yang Ada Di Uang Kamu? Ini Dia Penjelasannya

Setiap hari kamu melihat fotonya. Tapi, kamu gak tahu nama-namanya. Pernah gak sih kamu bertanya, siapa ya orang yang ada di uang yang saya pegang ini? Kenapa ya dia bisa sampe ada di uang ini? Pertanyaan macam ini kesannya gak penting, tapi kamu mesti banget tahu jawabannya. Dengan mengingat sejarah, kamu bisa belajar sesuatu dan menjadi orang yang lebih baik.
Maka dari itu, seperti yang di kutip dari http://malesbanget.com/ mau ngasih penjelasan sama kamu siapa pahlawan yang ada di uang kamu!

1. Kapitan Pattimura

1000rupiah
Kapitan Pattimura adalah pahlawan yang sangat keren! Bahkan lebih badass dari superhero asing yang kamu idolakan. Kalo kamu gak tahu namanya, fix lah kamu keterlaluan banget. Pattimura yang udah cukup mainstream aja kamu gak kenal, gimana nasib orang-orang yang ada di uang pecahan lain? Hmm
Kapitan Pattimura adalah pahlawan nasional dari Maluku yang berjuang mengusir penjajah di tanah air Indonesia, terutama
di daerah kelahirannya.

2. Pangeran Antasari

2000 rupiah pangeran antasari no cantik GBH 222222 front
Dibanding Pangeran Diponegoro, Pangeran Antasari mungkin kurang dibicarakan orang banyak. Padahal Pangeran ini ikut mengusir Belanda dari tanah air. Bahkan, dia tergolong sebagai orang yang keras kepala. Di saat Pangeran lain gampang dihasut, Pangeran Antasari cuek aja tuh. Belanda bahkan pernah menawarkan imbalan sebesa 10.000 gulden agar dia menyerah. Namu, sampai akhir khayatnya dia tidak pernah mau menerima tawaran ini.
3. Tuanku Imam Bonjol
5000-rupiah-tahun-2001
Sumatera Barat adalah tempat yang sangat penting bagi Indonesia. Banyak pahlawan Indonesia yang berasal dari daerah tersebut. Salah satunya Tuanku Imam Bonjol atau bernama asli Muhammad Shahab (Pada baru tau nih kan pasti nama asli doi? Dih nama member JKT48 aja hafalnya). Tuanku Imam Bonjol adalah ulama yang juga ikut memimpin perang. Perang paling terkenal yang pernah dia alami adalah Perang Padri. Saking pentingnya peran doi, selain mukanya ditaruh di duit, namanya juga jadi nama jalan, stadion dan universitas.

4. Sultan Mahmud Badaruddin II

indonesiaNEW10000-2005o
Perwakilan Sumatera di mata uang bukan cuma Tuanku Imam Bonjol loh, ada juga  Sultan Mahmud Badaruddin II. Pemimpin kesultanan Palembang-Darussalam di Sumatera Selatan. Perangnya yang paling terkenal adalah Perang Menteng, dimana dia akhirnya tertangkap oleh Belanda dan diasingkan ke Ternate.

5. Oto Iskandar Di Nata

20000
Bagi Warga Bandung, keterlaluan banget deh kalo gak tahu bapak yang satu ini. Berbeda dengan pahlawan lain, Oto Iskandar Di Nata adalah pahlawan yang tak ikut langsung berperang melainkan sosok di belakang layar. Pada masa penjajahan Jepang, Oto menjadi pemimpin surat kabar Tjahaja. Setelah proklamasi kemerdekaan, Oto menjabat sebagai menteri negara yang bertugas membentuk BKR dari laskar-laskar rakyat. Pas ngejalanin tugas negara, Oto menjadi korban penculikan hingga kemudian hilang dan diperkirakan terbunuh.

6. I Gusti Ngurah Rai

50000 rupiah no cantik 888888 a
Buat yang pernah ke Bali pasti gak asing sama nama yang satu ini. Tahu gak siapa doi? I Gusti Ngurah Rai adalah pahlawan nasional yang bertempur habis-habisan melawan penjajah. Doi punya pasukan khusus bernama Ciung Wenara. Pertempurannya yang paling epic adalah Puputan Margarana.  Puputan artinya pertempuran habis-habisan.

7. Ir. Soekarno & Dr. Drs. H. Muhammad Hatta

duit
Dalam mata uang yang nilainya paling tinggi, ada nama Bung Karno dan Bung Hatta. Kalo yang ini MBDC juga mesti jelasin, waduh gak tau dah kamu ini orang apa. Bapak bangsa pun kamu nggak tahu. Kemana aja selama pelajaran sejarah?
Info yang barusan kamu baca adalah hasil kolaborasi MBDC dan Komunitas Historia Indonesia. Komunitas pecinta sejarah yang bertujuan untuk bikin makin banyak orang sadar sama sejarah. Follow mereka di Twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar