Kamis, 19 Maret 2015

6 Kelakuan Konyol yang Orang Indonesia Lakukan Saat Tabrakan




Apa yang terjadi di jalan, gak bisa semuanya kamu kontrol. Disaat kamu udah jadi orang yang paling bener, sangat berhati-hati nan mengikuti peraturan yang ada, supaya gak terjadi hal yang diinginkan seperti halnya tabrakan, eh ternyata malah kamu yang kena tabrak. Wah kalau udah tabrakan gini kan gak enak banget, apalagi kalau kamunya terluka. Duh makanya hati-hati deh dalam berkendara ya. Nah kalau tabrakannya cuma tabrakan kecil gitu, yang mana cuma kendaraannya aja yang rusak, orang Indonesia bisanya punya beberapa kelakuan yang bisa dianggap konyol seperti yang di kutip dari http://malesbanget.com/, seperti berikut ini

Marah Duluan

Ah yang ini sih bukan cuma konyol tapi udah masuk dalam kategori gak tau diri dan brengsek sih. Kamu pasti pernah deh jumpain orang yang marah dalam sebuah scene tabrakan, nah lucunya orang yang marah tersebut adalah orang yang nabrak. Sebenernya cara ini dilakuin biar nggak dianggap salah karena udah salah.
Yang ditabrak : Gimana nih, pak? *Dengan nada sopan
Yang nabrak   : Yah gimana dong, namanya juga musibah, gak bisa juga kita hindari *Dengan nada tinggi
Sekedar catatan aja nih, kalau kamu adalah orang yang nabrak, mendingan kamu minta maaf, nanyain kondisi orang yang kamu tabrak, baru deh abis itu bahas hal lain seperti kerusakan kendaraan, dan gimana memperbaikinya. Ok?

Senyum-Senyum Asem

Biasanya terjadi kalau kondisi jalan lagi macet sih ini, dan biasanya sangat mungkin dilakukan sama pengendara motor. Jadi, pas kamu lagi asik-asiknya manasin mobil di tengah kemacetan, tiba-tiba "dug" mobil kamu ditabrak. Kamu liat kaca spion ternyata motor lah yang menabraknya, belum sempet kamu turun dari mobil buat ngecek, tiba-tiba sang pengendara motor udah di samping kamu senyum-senyum seraya mengangkat tangan, tanda meminta maaf. Kamu pun yang mendapatkan senyuman tersebut akhirnya menyimpulkan tabrakan tersebut gak punya efek ke mobil kamu, jadi kamu mikir,"Nanti aja deh ngeceknya kalau jalanan udah gak macet." Ternyata pas kamu cek, bumper mobil kamu penyok parah. Nah buat kamu-kamu semua, jagan gampang percaya makanya dengan senyum dan angkat tangannya orang yang menabrak kamu, karena sebenernya itu cuma trik belaka.
{source name=“Gini deh kira-kira senyumnya” url=“http://musicboo.wordpress.com"}
Gini deh kira-kira senyumnya via musicboo.wordpress.com

Bilang,"Gak Kenapa-Kenapa"

Kalo kalimat ini keluar dari orang yang ditabrak sih wajar banget, nah kalau yang ngomong adalah orang yang nabrak baru konyol. Kondisinya itu gak mirip sama poin sebelumnya, sang penabrak biasanya bakal nyamperin ke samping orang yang ditabrak, ngeluar senyum, trus pas orang yang nabrak mau buka omongan, orang yang nabrak langsung motong omongan dan bilang,"Gak kenapa-kenapa kok, gak ada lecet sama sekali!". Nah biar omongannya tersebut gak dimintain pertanggung jawaban, orang yang nabrak biasanya sih langsung lanjut ngeloyor jalan aja abis itu. Eh pas kamu ngecek, ternyata kendaraan kamu lecet panjang banget, hamsyong deh kamu. Makanya dari sekarang kamu pahami, kalau orang ngomong gak kenapa-kenapa itu berarti ada apa-apa. Kalau gak percaya liat aja tuh cewek, kalau lagi ngambek dan ngomong gak kenapa-kenapa pasti sebenernya ada yang dirahasiain.

Kabur

Melarikan diri dari sebuah masalah merupakan ciri orang yang sangat tidak bertanggung jawab, apalagi kalau masalahnya kamu sendiri yang bikin. Biasanya cewek sih nih yang suka kayak gini, huft. Eh ini lagi ngomogin soal tabrakan yah. Ok, jadi salah satu kelakuan yang paling gak baik yang pernah ditunjukan sama orang-orang Indonesia dalam situasi tabrakan adalah melarikan diri dari kejadian tersebut. Jangankan yang cuma nyenggol atau nabrak sedikit, nabrak yang sampe ada korban jiwa aja kadang orang masih bisa dengan enaknya kabur tanpa ada rasa bersalah kok.

Bawa-Bawa Asuransi

Saat kamu menabrak mau apapun penyebabnya, maka kesialan akan melanda kamu. Ya, karena kamu harus menyiapkan sejumlah uang untuk ganti rugi orang yang udah kamu tabrak. Besaran ganti ruginya ya tergantung dari kerusakan kendaraan. Nah dalam kondisi seperti ini kadang ada aja loh pelaku yang ngerasa berhak bertanya perihal asuransi yang dimiliki orang yang ditabrak. Well, mau orang tersebut punya asuransi atau nggak, bukan urusan kamu juga sih mempertanyakannya. Kalau pun orang tersebut punya asuransi, bukan berarti kamu kemudian berhak cuma bayar 200 atau 300 ribu. Inget loh, orang itu bayar premi asuransi kendaraan setiap tahunnya minimal 3 juta. Dan mereka bikin asuransi bukan biar kamu bisa seenaknya tabrak-tabrakin kendaraan mereka. Oleh karena itu kebijaksanaan menggunakan asuransi itu sepenuhnya hak orang yang punya asuransi. Nah makanya kalau kamu adalah orang yang salah dalam hal tabrakan ini, sebaiknya kamu berperilaku lah yang sopan, ikuti semua prosedur ada, jangan lantas curiga kalau kamu bakal diduitin. Lagian kalau udah salah mah mendingan diem aja, jangan banyak omong.

Melebih-Lebihi Harga Kerugian

Tapi emang sih, orang yang kena tabrak kadang bisa jadi ngeselin banget dengan bertindak konyol seperti ngasih harga yang gak sesuai dengan kerusakan. Ini lah yang dinamakan aji mumpung. Jadi mereka biasanya main langsung nembak harga aja gitu deh, tanpa dipastikan terlebih dahulu harga perbaikan sebenernya ke bengkel. Ditabrak cuma lecet dikit doang, main langsung minta ganti rugi 1 juta rupiah. Padahal digosok pake compound aja juga udah ilang tuh lecetnya. Nah orang yang nabrak karena semacam gak punya hak buat berdebat, karena emang udah ngerasa salah akhirnya cuma bisa kaget nan kebingungan. Kasihan, makanya kalau bawa kendaraan harus hati-hati, fokus, dan jangan dalam kondisi ngantuk ya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar